...........................................................................

Theme images by enjoynz. Powered by Blogger.

Slider

[8][recent][slider-top][Slider]
You are here: Home / Kronologis Mutasi masuk (lanjutan Mutasi Keluar Dan Mutasi Masuk dari kotamadya ke kabupaten Bandung)

Kronologis Mutasi masuk (lanjutan Mutasi Keluar Dan Mutasi Masuk dari kotamadya ke kabupaten Bandung)

| 2 Comments
Maaf baru bisa menlanjutkan postingan dari kelanjutan Kronologis Mutasi Keluar Dan Mutasi Masuk dari kotamadya ke kabupaten Bandung


Langsung saja ke ceritanya, setelah menunggu proses mutasi keluar selesai dan saya mendapatkan semua berkasnya, saya langsung menuju samsat tujuan yaitu samsat Soreang 

Sampai di samsat Soreang saya langsung bertanya pada bagian informasi untuk mengurus mutasi masuk dan langsung di arahkan ke loket mutasi masuk (kena biaya Rp. 50.000,-)

lanjut ke bagian Cek fisik bayar Rp. 15.000 plus foto fisik ranmor Rp. 10.000, setelah itu  foto copy berkas berkas mutasi keluar Rp. 7.000 dan menuju bagian mutasi masuk.

balik lagi ke loket mutasi masuk, setelah dicek ternyata masih ada arsip yang kurang (kwitansi  + Faktur pembelian) dikarenakan arsip di samsat asalnya kebanjiran seperti yang sudah saya jelaskan di post sebelumnya. 

akhirnya saya disuruh membuat surat penyataan dan membuat kwitansi baru bermaterai dan ditanda tangani 

beli materai 2 x 7000 = Rp. 14.000

setelah berkas dan syarat-syarat mutasi masuk terpenuhi, saya disuruh nunggu 3 hari sama petugasnya untuk proses verifikasi berkas. 

pulang bayar parkir Rp. 1000

3 hari kemudian saya kembali ke samsat soreang, tanpa basa basi langsuk menuju ke loket mutasi masuk, setelah ngantri nama saya dipanggil dan berkas mutasi masuk sudah bisa diambil

selanjutnya saya pergi ke loket pendaftaran BBN, mengisi formulir dan bayar Rp. 80.000 untuk biaya BPKB 

selanjutnya nunggu ponggilan di kasir untuk pembayaran STNK dan pajak baru Si GOAK 
setelah ngantri kurang lebih satu jam akhirnya nama saya dipanggil dan bayar di kasir dengan rincian:

Bea Balik Nama (BBN) Rp. 26.000
Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) : Rp. 46.500 , murah karena motor Tua hehe :D 
Sanksi Administrasi : Rp. 32.000 (terlambat karena arsip kebanjiran -_-)
Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) : Rp. 40.700
Biaya Administrasi STNK : Rp. 50.000 
Biaya Administrasi TNKB : Rp. 30.000
total Rp. 225.200 dibulatkan jadi Rp.226.000

Setelah semua saya bayar saya menerima bukti pembayaran pajaknya dan menuju bagian STNK untuk mengambil STNK baru motor saya lalu oleh petugas disuruh fotokopi sebanyak 2x untuk pengambilan Plat Nomer dan BPKB

Adapun BPKB pengambilannya setelah 1 bulan penerbitan STNK.

semuanya beres saya pulang dan bayar parkir (lagi) Rp. 1.000 :D

kalau di kalkulasi total biaya mutasi masuk dari kotamadya ke kabupaten bandung yaitu 
Registrasi         : Rp.  50.000
Cek Fisik           : Rp.  15.000
Foto Fisik          : Rp.  10.000
FotoCopi           : Rp.    7.000
Materai              : Rp.   14.000
BPKB                 : Rp.   80.000
STNK + PKB    : Rp. 226.000
parkir                 : Rp.     2.000      +
Total                  : Rp. 404.000 

ternyata nggak sulitkan mengurus mutasi keluar masuk kendaraan kita, apalagi sekarang di setiap samsat sudah banyak gambar langkah – langkah proses pengurusan dan ada juga bagian bagian informasi yang senantiasa membantu kita dengan senang hati.

Semoga bermanfaat :)