...........................................................................

Theme images by enjoynz. Powered by Blogger.

Slider

[8][recent][slider-top][Slider]
You are here: Home / Kronologis Mutasi Keluar Dan Mutasi Masuk dari kotamadya ke kabupaten Bandung

Kronologis Mutasi Keluar Dan Mutasi Masuk dari kotamadya ke kabupaten Bandung

| 8 Comments

Saya Punya Motor Tua Namanya Si GOAK Mereknya Honda Tipe S90 
(kalo di bandung disebutnya Honda Siki Nangka) 


  
Si GOAK asalnya punya rumah di wilayah Kotamadya (pake nama + Alamat Birojasa), nah karena sekarang diberlakukan sistem pajak progresif, ya mau gak mau Si GOAK Di blokir sama pihak birojasanya (maklum motor tua, jadi mau gak mau pasti jadi motor milik pertama :D)

Kebetulan saya tinggal di wilayah kabupaten, ya dengan terpaksa si Goak harus di mutasi dari kotamadya ke kabupaten.

Sebelum saya ngurus semuanya sendiri, saya sempet nanya-nanya dulu ke birojasa perihal biaya Mutasi STNK, eh taunya kebilang mahal, yaudah biar lebih hemat saya nyoba ngurus semuanya sendiri sekalian biar tau dan ngerti prosesnya bagaimana.

oke langsung aja berikut pengalaman saya mengurus mutasi keluar dan mutasi masuk Si GOAK Alias Motor Honda S90 keluaran tahun 1969 atau biasa disebut Siki Nangka :)

karena di STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) yang lama masuk wilayah Bandung Barat, saya langsung menuju ke samsat Bandung Barat di Jln. Padjajaran

Sampai di Samsat Bandung Barat masuk parkiran, langsung menuju ke bagian informasi terus bilang ke petugasnya "mau mutasi pak", lalu si petugas minta nunjukin STNK + BPKB nya terus diarahin ke gudang berkas

Setelah di lihat lihat lalu si petugas gudang berkas bilang " Maaf Mas, berkas motor Mas ada di samsat pusat, samsat bandung timur. (petugasnya ngasih penjelasan kalau kendaraan keluaran dibawah tahun 2008 semuanya ada di samsat pusat, Sedangkan kendaraan keluaran tahun 2008 keatas ada di samsat regional masing-masing).

tanpa basa basi saya langsung keluar parkiran, bayar Rp. 1000 langsung menuju ke samsat bandung timur 

Di Samsat Bandung Timur 
  1. Di Samsat Bandung Timur langsung Ke Loket 1 Ambil formulir Cek Fisik, Bebas Biaya (free)
  2. Cek Fisik, Saya Kasih Rp 5.000,-
  3. Setelah Cek Fisik Selesai si petugas Cek Fisik langsung bilang “langsung ke Gudang Berkas mas”, Saya membawa Hasil Cek Fisik tersebut (Di gabung di satu map sama STNK + BPKB + KTP ASLI Alamat tujuan Mutasi) masuk kedalam gudang berkas
  4. Setibanya di Gudang Berkas, Saya Antrikan Map Saya, Duduk manis Nunggu Panggilan .Gak lama nama saya di panggil terus petugasnya Bilang "Mas Maaf, Berkas motor mas kebanjiran jadi kami minta waktu sekitar 2 minggu buat nyari berkasnya, tolong di Fotocopi dulu biar kami bisa nyari berkasnya".
  5. lanjut ke tukang Fotocopi bayar Rp. 4.000 (rangkap 2)
  6. keluar parkir bayar Rp. 1000 "walaupun sedikit kecewa, tapi ya apa boleh buat saya pulang dan nunggu dirumah selama 2 minggu. 
  7. Setelah 2 Minggu balik lagi ke samsat bandung timur, langsung menuju gudang berkas "antri lagi", tanpa basa basi langsung nyerahin map sambil nanya "gimana pak berkasnya ketemu?" petugasnya bilang : Sebentar mas, dicarikan dulu . Gak lama kemudian petuganya manggil lagi terus bilang : maaf mas masih gak ketemu, tapi gausah khawatir kami buatkan saja Surat Keterangan. 10 menit berlalu saya dipanggil lagi dan diserahi surat keterangan berkas yang ditanda tangani kepala gudang berkas.
  8. Selanjutnya Langsung ke bagian administrasi mutasi keluar, setelah di periksa berkas berkasnya, dan membayar di loket sebesar Rp. 75.000,-  (dapat kwitansi) dan surat jalan, disuruh nunggu berkasnya keluar selama 1 bulan 
  9. keluar parkir bayar lagi Rp. 1000 - pulang 
  10. Sebulan kemudian saya kembali ke samsat Bandung Timur ngambil berkas mutasi keluar, petugasnya bilang : karena ini Registrasi STNK nya di Samsat Bandung Barat, habis ini mas ke samsat bandung barat untuk ngambil Fiscal.
  11. keluar parkir bayar Rp. 1000 (lagi) , lanjut ke samsat bandung barat 
  12. sampainya di samsat bandung barat langsung ke loket Fiscal, sama petugasnya disuruh Fotocopi dulu
  13. Fotocopi Rp. 2000 
  14. keluar Fiscal *Gratis alias gak bayar :D
  15. keluar Samsat Bandung Barat bayar parkir Rp. 1000


Jadi kalau di kalkulasi, Total Biaya Mutasi Keluar Si GOAK Di samsat Bandung Timur:

  • Cek Fisik                 : Rp.   5.000
  • FotoCopi                : Rp.   4.000
  • Adm mutasi keluar : Rp. 75.000
  • Fotocopi Fiscal      : Rp.   2.000 
  • parkir                      : Rp.   5.000 +

         Total                   : Rp. 91.000 


Begitulah proses mutasi keluar yang saya alami, semoga bermanfaat bagi semua pembaca dan tetap berhati hati dengan calo dan oknum oknum lainnya. alangkah baiknya semua di lakukan sendiri sekaligus biar tau dan ngerti.


Proses Mutasi Masuknya Dilanjut Besok lagi yaa,,, bisa dibaca menyusul DISINI